Bahasa C# : cara membuat game POU sederhana dengan visual studio

 
diatas adalah salah satu permainan POU yang sederhana yang dibuat dengan software Visual Studio dengan menggunakan bahasa C# (CSharp).
Berikut penjelasan permainannya : 

  1. terdapat button :
    • Load : untuk memilih karakter  atau foto yang tersimpan di dalam dokumen anda.
    • OK : untuk mengkonfirmasi nama dari karakter anda.
    • MAKAN :  pada progressbar (yg ada warna hijaunya) makan +5 , stamina +3
    • MAIN : pada progressbar (yg ada warna hijaunya) makan -10, stamina -5, tidur -2
    • TIDUR : pada progressbar (yg ada warna hijaunya) tidur +10, stamina +5
    •  STAMINA : setiap 5sec pada progressbar -2 
    2. terdapat 1 picture box
    3. terdapat 2 textbox
    4. terdapat 3 progress bar
    5. Keamanan :
    • kalau belum di load karakternya dan belum di beri nama karakternya, maka perintah makan, tidur dan main belum bisa digunakan.

berikut programnya :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Windows.Forms;

namespace Tama_Goci
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        int a;
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e) //MAKAN
        {
            if (a == 2)
            {
                if (progressBar2.Value <= 95)
                    progressBar2.Value = progressBar1.Value + 5;
                if (progressBar1.Value <= 95)
                    progressBar1.Value = progressBar1.Value + 3;
                if (progressBar1.Value >= 95)
                    progressBar1.Value = 100;
                if (progressBar2.Value >= 95)
                    progressBar2.Value = 100;
            }
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e) //TIDUR
        {
            if (a == 2)
            {
                if (progressBar3.Value <= 95)
                    progressBar3.Value = progressBar1.Value + 10;
                if (progressBar1.Value <= 95)
                    progressBar1.Value = progressBar1.Value + 5;
                if (progressBar1.Value >= 95)
                    progressBar1.Value = 100;
                if (progressBar3.Value >= 95)
                    progressBar3.Value = 100;
            }
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e) //setiap 5 detik stamina akan berkurang -2
        {
            if (a == 2)
            {
                if (progressBar1.Value >= 2)
                    progressBar1.Value = progressBar1.Value - 2;
                if (progressBar1.Value <= 2)
                    progressBar1.Value = 0;
            }
        }
        private void button3_Click(object sender, EventArgs e) //load
        {
            a = 1;
            if (openFileDialog1.ShowDialog() == DialogResult.OK)
                pictureBox1.Image = Image.FromFile(openFileDialog1.FileName);
                pictureBox1.SizeMode = PictureBoxSizeMode.Zoom;
        }

        private void button4_Click(object sender, EventArgs e) //OK
        {
            if (a == 1)
             a = 2;
            textBox1.Text = textBox2.Text;
        }

        private void button5_Click(object sender, EventArgs e) //MAIN
        {
            if (a == 2)
            {
                if (progressBar2.Value >= 10)
                    progressBar2.Value = progressBar1.Value - 10;
                if (progressBar1.Value >= 5)
                    progressBar1.Value = progressBar1.Value - 5;
                if (progressBar3.Value >= 2)
                    progressBar3.Value = progressBar1.Value - 2;
                if (progressBar1.Value <= 10)
                    progressBar1.Value = 0;
                if (progressBar2.Value <= 10)
                    progressBar2.Value = 0;
                if (progressBar3.Value <= 10)
                    progressBar3.Value = 0;
            }
        }
    }
}
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perpustakaan (Program aplikasi bahasa C)